SEJARAH HIPNOTIS TRADISIONAL SAMPAI MODERN HIPNOTIS

 


https://www.facebook.com/pages/Belajar-Hipnotis/736366213076076?ref=hl
Awal berkembangnya hypnosis modern adalah saat seorang murid Paracelsus bernama Franz Anton Mezmer (1743-1815) memperkenalkan metode penyembuhannya dengan menggunakan gosokan sebatang besi. Metode ini berkembang dengan nama Magnetisme. Mezmer meyakini bahwa ada gelombang magnet universal (fluidum) dari alam semesta yang bisa disalurkan kedalam tubuh manusia melalui perantaraan magnet untuk mencapai kesembuhan. Dan hal yang paling menarik adalah Mezmer tercatat berhasil menyembuhkan ribuan
pasiennya dengan metode ini. Bahkan untuk mengatasi jumlah pasien yang semakin meningkat, Mezmer membuat sebuah kolam magnet dimana semua klien saling berpegangan dalam kolam tersebut dan mereka menerima “penyaluran” fluidum dari Mezmer secara paralel. Suatu saat Mezmer mendapatkan seorang pasien sedangkan dia sedang tidak membawa magnetnya, Mezmer lalu menggosok - gosokkan telapak tangannya (passes) pada bagian tubuh pasiennya yang terasa sakit dan ajaibnya pasien tersebut sembuh. Lalu Mezmer mengumumkan metode barunya yang disebut  " animal magnetisme ". Konsep animal magnetisme meyakini bahwa kekuatan magnet alam semesta bisa langsung diterima tubuh manusia dan disalurkan kepada manusia lain tanpa bantuan batang magnet.
  Semua ajaran Mezmer sangat popular dan berkembang dalam masyarakat dengan sebutan
" Mezmerisme ". Bahkan metode Mezmer juga bisa menciptakan keadaan mirip tidur pada pasiennya yang disebut dengan keadaan " mesmeric coma ".
   Hypnosis berasal dari kata hypnose dari bahasa Yunani yang berarti tidur. Kata ini dipopulerkan oleh Dr. James Braid (1795-1860) yang tertarik terhadap fenomena Mezmerisme. Braid menganalisa fenomena Mezmerisme dan menyimpulkan bahwa mezmeric coma (trance) semata - mata berasal dari kepuasan subyek oleh rangsangan pancaindera sehingga seluruh tenaga syarafnya berkumpul pada satu titik di otak dan jika ini terjadi maka dengan mudah tenaga syaraf tadi bisa disalurkan ke bagian tubuh yang lain walaupun hanya dengan sugesti sederhana.
    Braid yang sekarang dikenal sebagai Bapak Hypnosis Modern sempat menyesali penggunaan kata hypnosis saat dia menyadari bahwa mezmeric coma adalah keadaan yang sangat berbeda dengan tidur. Braid mencoba menluruskan kesalahannya dalam menanamakan hypnosis dalam masyarakat dengan memperkenalkan istilah monoideasme sebagai pengganti kata hypnosis tetapi dia gagal karena hypnosis sudah terlanjur diterima oleh masyarakat luas.
     Penemuan Braid diteruskan oleh banyak sekali tokoh yang mengembangkan penelitian efek sugesti dan penggunaannya dalam dunia medis. Bahkan banyak diantaranya tersebut yang berhasil melakukan berbagai tindakan operasi dengan menggunakan hypnosis sebagai penghilang rasa sakit. 
  Kepopuleran hypnosis mulai redup saat Ether (obat bius) pertama kali diperkenalkan. Ether lebih diterima  karena alasan penggunaannya yang praktis dan waktu yang dibutuhkan untuk bereaksi terbilang cepat.

 Apakah Hipnotis menggunakan kekuatan supranatural ?
     Jawabannya adalah " TIDAK ".  Hipnotis atau Hypnosis tidak menggunakan kekuatan supranatural, memakai puasa, doa/mantra dll yang berhubungan dengan supranatural. Hipnotis atau Hypnosis adalah teknik komunikasi Verbal maupun Non Verbal yang dilakukan untuk menurunkan gelombang otak dari Beta ke gelombang otak Alpha dan Theta. Baca juga " Otak Manusia".

Hipnotis digunakan untuk kejahatan ?
    " TIDAK " akan bisa, saya jamin. Setinggi - tingginya kemauan anda untuk menggunakan Hipnotis sebagai media untuk melakukan kejahatan itu tidak akan mempan. Karena apa, Hipnosis hanya dilakukan dengan persetujuan dan di dorong dengan keinginan positif anda dalam melakukannya. Jika anda melakukan Hipnotis dengan niatan buruk, itu akan merugikan diri Anda sendiri serta 98 % tidak akan bisa.

Apa persyaratan agar bisa di Hipnotis ?
     Banyak orang mungkin anda diantaranya yang menganggap bahwa orang yang bisa dihipnotis adalah orang yang bodoh atau lemah pikirannya. Ini adalah sebuah anggapan yang salah. Faktanya, seseorang hanya bisa dihipnotis apabila orang tersebut cukup cerdas, mampu berkonsentrasi dan bisa berimajinasi serta menyetujui untuk dihipnotis. Hipnotis tidak bisa diterapkan kepada orang gila, idiot, orang buta, orang tuli, atau anak kecil yang belum bisa berkomunikasi dua arah. Semakin cerdas seseorang semakin mudah dihipnotis. Jadi, jangan gembira kalau Anda merasa tidak akan bisa dihipnotis.

Apakah akibat / efek samping setelah dihipnotis ?
Hipnotis sangat aman apabila dilakukan oleh orang yang ahli di bidang ini. Tidak ada efek samping yang merugikan apabila hipnotis yang sudah terlatih dengan baik. Mungkin Anda takut tidak bisa bangun dari hipnotis atau takut akan kehilangan ingatan Anda setelah bangun dari kondisi hipnotis. Namun faktanya, tidak pernah ada orang yang tidak bisa bangun dari hipnotis atau menjadi lupa ingatan karena hipnotis. Sebaliknya, hipnotis memberi efek samping positif yaitu meningkatnya konsentrasi orang yang dihipnotis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar